Surat Dukungan


Surat Dukungan : IISIA | AMBI | ASPATINDO | KEMENPERIN




SAMBUTAN KETUA UMUM
ASOSIASI PABRIKAN TOWER INDONESIA


Assalamu'alaikum Wr. Wb. dan salam sejahtera buat kita.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT, yang mana sampai hari ini kita masih diberikan kesehatan dan keselamatan untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab sehari-hari.

Pada kesempatan ini kami atas nama pengurus Asosiasi Pabrikan Tower Indonesia mengucapkan terima kasih kepada steelindonesia.com untuk bekerjasama dalam rangka mengembangkan informasi yang tarkait dengan pekerjaan-pekerjaan di bidang pabrikasi khususnya tower.

Pada dasarnya kemampuan anggota Aspatindo tidak hanya memproduksi tower namun juga memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang konstruksi baja pada umumnya seperti, jembatan, building, power plant dan sebagainya, bahkan pekerjaan untuk mendukung di proyek oil & gas, oleh karena itu kami memandang penting media ini untuk dikembangkan dan harus mendapat dukungan dari kalangan yang terlibat di bisnis industri dan konstruksi baja.

Perkembangan dunia konstruksi di tanah air menunjukkan kemajuan yang cukup pesat terutama di proyek pengadaan sarana dan prasarana, salah satunya adalah program listrik nasional yang sedang menjadi program utama pemerintah dengan rencana membangun kapasitas energi listrik lebih dari 25.000 MW sampai dengan tahun 2020, belum lagi rencana proyek yang ada dilingkungan Kimpraswil dan Oil & Gas sehingga kebutuhan data & informasi mengenai ketersediaan material baja dalam rangka mengoptimalkan LOCAL CONTENT dapat tercapai dan hal ini berkaitan dengan Impres No. 02 Tahun 2009 tentang Pengadaan Barang & Jasa di Proyek-proyek Pemerintah dan BUMN.

Beberapa pekerjaan yang tercangkup dalam proyek listrik nasional selain pengadaan untuk jaringan transmisi distribusi juga fasilitas unit pembangkitnya yang salah satu material terbesar adalah baja. Kebutuhan material untuk pengadaan tower transmisi PLN sendiri diperkirakan 20 juta ton yang sebagian besar adalah jenis baja siku dan beberapa material lain seperti plate dan baut. Belum kebutuhan material untuk struktur baja di proyek-proyek pembangkit. Hal ini menunjukkan bahwa kedepan prospek di industri dan konstruksi baja sangat menjanjikan.

Kebutuhan data & informasi pada saat ini sudah sangat dibutuhkan, karena selama ini kami dari pihak fabrikator juga mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi dengan cepat mengenai data produk baja apalagi menyangkut perkembangan harga produk baja, sehingga memperlambat proses dipekerjaan. Harapan kami dengan adanya media online steelindonesia.com setidak-tidaknya kebutuhan data dan informasi yang terkait dengan pengadaan material baja dapat diakses melalui satu pintu.

Oleh karena itu untuk menghimpun semua informasi yang terkait dengan data, baik yang menyangkut jenis dan besarnya proyek juga masalah kesediaan material baja dalam negeri perlu adanya pihak yang melakukan pendataan secara kolektif, sehingga keberadaan media online steelindonesia.com akan menjadi salah satu sumber informasi data. Sampai hari ini data-data yang dibutuhkan oleh pihak pabrikan seperti jenis material berikut spesifikasinya, harga, dan kapasitas produksi dari perusahaan baja di tanah air sangat sulit didapatkan.

Aspatindo sendiri yang sampai hari ini telah memiliki jumlah anggota 16 perusahaan pabrikan tower dengan kemampuan produksi rata-rata 36.000.000 ton/tahun siap untuk mensukseskan rencana pengerjaan proyek-proyek besar di tanah air. Anggota kami semuanya memiliki fasilitas mesin-mesin produksi dengan kemampuan teknologi CNC (Computer Numeric Control), sehingga khusus untuk pengadaan unit tower dapat dikerjakan dengan cepat dan memiliki akurasi yang tinggi.

Hadirnya steelindonesia.com memberikan warna baru di dunia industri dan konstruksi baja di Indonesia sehingga semua pihak yang selama ini terkendala dengan kebutuhan informasi mengenai spesifikasi dan harga baja mendapatkan jalan keluarnya.

Sekali lagi kami Aspatindo sangat mendukung dengan adanya media ini dan harapan kami semoga steelindonesia.com akan lebih berkembang lagi dengan memberikan informasi-informasi yang terkini mengenai perkembang industri dan konstruksi baja Indonesia dimasa-masa yang akan datang.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Jakarta, Juni 2009
ASOSIASI PABRIKAN TOWER INDONESIA
(ASPATINDO)



Ir. Ahmad Fahmi
Ketua Umum



Back to Top